PENGIKUT

Senin, 20 Mei 2019

MANFAAT BERPUASA RAMADHAN

MANFAAT RAMADAN

Bulan Ramadan ditunggu tunggu oleh umat Islamyang taat dan penuh keimanan. Dalam QS Albaqoroh ayat  183 dijelaskan bahwa muara terakhir puasa romadhon jadikan muslim yangg mutaqin , yaitu memiliki derajad ketaqwaan. Pada bulan itu Alloh janjikan pelipatgandaan semua amalan di bulan Romadhon. Maka penuhi setiap waktu beribadah apapun bentuknya termasuk ibadah sosial antara lain peduli lingkungan, hidup bersih dan lainnya .
Tatacara berpuasa di bulan romadhon banyak dijelaskan di hadits nabi Muhammad SAW yaitu dumulai dari sebelum subuh orang yang berpuasa harus mengekang hawa nafsu makan dan minum dan nafsu lainnya diantaranya  mengekang keinginan marah, berputus asa dan lainnya yang dapat merugikan orang yang berpuasa. Menahan makan dan minum berarti pada sianghari yangbbiasa kita makan apapun tiada henti pada romadhon memberi kesempatan organ manusia mulai lambung, hati, pankreas dan organ lain istirahat.
Menahan makan dan minum sampai waktu berbuka puasa kurang lebih 11 jam berarti ada aktifitas pembakaran lemak dalam tubuh yang merupakan sumber penyakit. Andai organ manusia disamakan dengan mesin maka puasa romadhon adalah masa mesin diservis yang sebelumnya berjalan terus tanpa henti bermetabolesme untuk menghasilakn energi. Parahnya energi berlebih yang justru tersimpan di tubuh menjadi lemak. Puasa romadon membakar endapan lemak di tubuh maka berpuasa romadhon berarti membuat diri muslim sehat.

RAMADAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar