PENGIKUT

Minggu, 19 Mei 2019

PERPISAHAN SPENYOGA CERIA

PENTAS SENI DAN PENYERAHAN SISWA KELAS IX KEPADA
 ORANG  TUA/ WALI MURID DI SMPN 03 YOSOWILANGUN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Berakhirnya  pelaksanaan ujian untuk kelas 9 baik Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional bukan berarti usai segala kegiatan untuk kelas 9. Masih terdapat beberapa agenda penting salah satu diantaranya yaitu acara penyerahan kembali siswa kelas 9 tahun pelajaran 2018/2019 kepada   orang tua/wali murid.
Pada moment acara penyerahan tersebut dikemas dengan penampilan siswa siswi kelas 7 dan 8 bidang seni dan ketrampilan lainnya yang telah diperoleh siswa melalui kegiatan ekstra kurikuler sebagai wadah pembinaan minat dan bakat siswa. Ketrampilan itu diantaranya olah vocal, baik individu ataupun group vocal berupa paduan suara, seni tari baik tradisional ataupun kreasi siswa, kelompok musik bernuansa Islami yaitu al Banjari, puisi dan seni beladiri pencak silat.
Pelaksanaan pentas seni dan penyerahan siswa dilaksanakan pada sabtu, tanggal 5 Mei 2018. Tampak hadir disamping siswa kelas 9 dan orang tua/wali, acara ini juga dihadiri Kapolsek, Koordinator Pelayanan Pendidikn (KPP) Kecamatan Yosowilangun dan beberapa tokoh agama dan masyarakat. Sambil menunggu para undangan, sajian pra acara berupa tampilan tari tradisional retro klasik yang diperagakan oleh anak kami kelas 8A yaitu Bunga Savella, Abel Vianda, Mayangsari dkk dan tampilan suara merdu dari group paduan suara SMP 3 Yosowilangun dengan melantunkan lagu dari almarhum Gombloh dengan judul Kebyar Kebyar. Acara dimulai jam 08.40 dengan diawali pembacaan ayat suci Alqur’an yang dibawakan oleh Sukma kelas 8B dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipandu oleh siswa kami bernama Fuadatul kelas 8A
Pada acara resmi sambutan oleh Kepala Sekolah SMP 03 Yosowilangun Bpk. H.Yuwono Minardi S,Pd. Yang dalam sambutannya menekankan bahwa bagi siswa yang akan meninggalkan sekolah kita masih terdapat aneka rintangan pada masa mendatang dalam menyongsong masa depan yang cerah. Maka perlu adanya semangat yang gigih untuk melanjutkan studi pada jenjang selanjutnya, juga disinggung  bahwa sebagai generasi pengganti harus disiapkan kompetensi baik kecerdasan, kemampuan berkomunikasi untuk memupuk jaringan social yang bermanfaat dan sikap religius yang tercermin pada ketaatan beragama yang diejawantahkan dalam kegiatan mulia dalam kehidupan sehari hari. Bapak Kapolsek dalam sambutannya menekankan jauhi narkoba, taat pada hukum dan hidup disiplin memudahkan dalam upaya merealisasi cita cita di masa depan.
Mengakhiri acara sambutan- sambutan, Kepala Sekolah menuju tempat yang telah disediakan untuk melakukan prosesi wisuda yang diawali prakata untuk penyerahan kembali siswa siswi kepada orang tua/ wali murid yang dilanjutkan acara wisuda. Pada acara wisuda berlangsung kelompok paduan suara melantunkan medley lagu hymne guru, trimakasihku, dan lagu syukur yang melatar belakangi prosesi hingga wisuda selesai. Berakhirnya prosesi wisuda dilanjutkan pembacaan do’a sebagai penutup acara resmi dengan harapan agar dalam acara ini membawa manfaat dalam kehidupan baik di dunia maupun di akherat kelak …Aamiin.
Acara resmi telah berakhir, memasuki acara hiburan yang menampilkan kepiawaian siswa siswa SMP 3 Yosowilangun dalam format pentas seni yang diawali berupa tampilan tari kreasi berjudul  “Leyeh leyeh” diperagakan oleh Ananda Wiwin, Finka dan Ulfa siswa kelas 7A. selanjutnya pembacaan puisi yang berjudul “untuk ibu” yang sempat melelehkan air mata para undangan yang dibacakan oleh ananda Sukma kelas 8A. tampilan seni music Islami Al- Banjari dengan lantunan Sholawat Nabi dari kelompok music Al Banjari Siswa kelas 7 dan 8. Usai tampilan kelompok penyanyi andalan SMP 3 Yosowilangun Arista siswa kelas 7a menggebrak pentas dengan tampilan solo dengan judul “Sayang”, dilanjut dengan suara emas ananda Elok Kurniawati dengan lagu berjudul “indah pada waktunya”. Agar tidak jenuh pembawa acara mengubah panggung yang semula lagu dilanjutkan tampilan seni bela diri pencak silat dengan tampilan “kembangan seni pencak silat tapak suci” oleh Ananda Vhita kelas 8E
Berkisar pukul 12.00 WIB selesailah seluruh rangkaian acara dalam rangka penyerahan kembali siswa kelas 9 kepada orang tua/ wali dan prosesi wisuda serta tampilan seni dari siswa siswi kelas 7 dan 8. Harapan kedepan dalam  acara ini semoga dapat menjadikan motivasi bagi siswa di sekolah kami untuk lebih menunjukkan apresisasi seninya yang dapat menginspirasi dalam kehidupannya kelak. Selanjutnya kepada para pembaca Majalah PGRI yang kita cintai sebagai wahana pengembang kreasi pendidik di Lumajang  dapat mengamati kegiatan ini dalam beberapa album berikut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar